Penyakit Pada Harddisk Laptop

Salam sobat..
Bagaimana kabar anda?..
Kita bertemu lagi nih,..
Oke.. Kali ini Servis Surabaya akan memberikan informasi tentang Penyakit pada Harddisk.
Nah.. langsung aja ke pokok pembahasan...


Harddisk, itu nama sebuah komponen tempat dimana semua data-data sistem tersimpan dalam sebuah PC/Laptop. Karena itulah, jika tidak dirawat akan mengalami beberapa gangguan sehingga bisa terancam kerusakan parah. Gangguan yang paling sering adalah bad sector. Bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu dari fisik perangkat keras yang mengalami kerusakan sehingga tidak digunakan lagi. Tanda bad sector biasanya dibuat pad saat memformat perangkat keras dan oleh program diagnosa. Bad sector menyebabkan OS tidak bisa berjalan dengan optimal, proses pengerjaan apapun berjalan lambat bahkan OS tidak bisa tampil karena melakukan restart terus-menerus. karena itulah penting bagi kita mengenali bad sector, penyebab dan solusinya.

Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya:

  • putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen.
  • Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  • Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, dan saat harddisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.
  • Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk
  • Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk.



Ada dua jenis hardisk bad sector, yaitu 'Hard bad sector' dan 'Soft bad sector'. Hard bad sector tidak bisa diperbaiki karena terdapat kerusakan pada bentuk fisik hardisk tersebut, hard bad sector biasanya disebabkan oleh 'Head crash', yaitu kondisi dimana head pada hardisk terjadi kontak terhadap platter yang menyebabkan kerusakan permanen pada hardisk. Tapi jika soft bad sector bisa kita perbaiki dengan menggunakan software bawaan dari windows, yaitu 'Chkdsk'. Berikut cara memperbaiki hardisk bad sector menggunakan 'Chkdsk',


Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah hardisk bad sector:

  • Pastikan suhu komputer anda tetap dingin dan bersihkan dari debu-debu yang menempel
  • Matikan komputer dengan proses yang benar
  • Gunakan PSU berkualitas untuk menjaga arus-arus yang tidak diinginkan dari PLN 
  • Hindari goncangan-goncangan pada komputer ataupun laptop untuk mencegah head crash
  • Gunakan antivirus yang selalu update untuk melindungi komputer dari serangan malware
  • Gunakan software disk defragmenter untuk mencegah terjadinya bad sector


Previous
Next Post »
Thanks for your comment