Apa itu Spam?



Pada saat ini kita sering mendengar istilah tentang spam, namun mungkin masih belum mengerti tentang apa itu spam. Apa sih yang dimaksud Spam itu? Di posting ini semoga bisa memberi wawasan dan pengetahuan tentang spam. Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.
Spam
Spam adalah sebuah terminologi yang digunakan untuk mengistilahkan pesan elektronik yang tidak diinginkan yang dikirim dalam jumlah besar (massal). Awalnya dulu teknik ini digunakan oleh perusahan-perusahaan untuk mempromosikan bisnisnya melalui advertising/iklan yang dikirimkan melalui pesan elektronik. Teknik ini dilakukan karena mereka tidak memiliki budget yang besar untuk biaya promosi melalui media cetak / media on air. Semenjak tahun 90 an dimana internet mulai terbuka untuk publik, maka spam ini menjadi suatu permasalahan yang serius dimana efek yang ditimbulkan dari spam ini adalah membanjirnya (flood) pesan-pesan di dalam kotak inbox pesan elektronik target yang dikirimi spam (kala itu yang terkenal adalah e-mail spam). Hal ini menyebabkan efek negatif dimana kapasitas e-mail akan segera penuh dan kesulitan dari pemilik account e-mail untuk mencari e-mail penting diantara pesan-pesan spam yang dikirimkan kedalam kotak pesan account e-mailnya. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka spam ini melanda bukan hanya e-mail tetapi juga pada aplikasi online chatting, social media, blog, internet forum, dll.

Flood, Flooding, Flooder
Flood sesuai namanya yang kalau diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah banjir. Pada terminologi spam, flood adalah terjadinya banjir pesan yang diakibatkan oleh spam. Pelaku dari spam ini bisa disebut sebagai Flooder dan proses dalam melakukan spam disebut Flooding

Bot
Bot atau kependekan dari web robot, dalam terminologi spam merupakan sebuah software/aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan aksi-aksi spam. Bot bekerja dengan cara repetisi/melakukan pengulangan yang bisa diatur interval waktunya, targetnya maupun aksi yang dilakukan.
Pada saat ini, pada web social media sepertii Facebook, Twitter, dll, sering kita jumpai pada status yang baru saja kita posting tiba-tiba dalam waktu kurang dari 1 detik sudah ada orang yang menjawab. Begitupun pada status teman kita. Dan biasanya komentarnya pun sama, berulang pada interval waktu tertentu dan seringkali tidak ada hubungannya dengan status yang diposting. Seringkali juga ditemui baru saja kita memposting status, tiba-tiba dalam waktu kurang dari 1 detik sudah ada yang Like. Itu semua adalah ulah Bot.

Pada perkembangannya, fungsi spam telah berkembang dari yang semula adalah metode advertising/iklan menjadi sebuah metode untuk mengganggu atau bahkan merusak. Target yang dikirimi spam selain akan mengalami banjir data juga mengalami bandwidth internetnya sebagian besar dihabiskan oleh spam, sehingga menyebabkan koneksi internetnya menjadi lemot atau bahkan tidak menutup kemungkinan akhirnya koneksi internetnya putuskarena sifat-sifatnya yang menggangu kenyamanan dan bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mengakibatkan kerusakan
Previous
Next Post »
Thanks for your comment