Cara Mengatasi Laptop Terkena Air


Hai Sobat..
Kali ini Servis Surabaya akan memberikan tips inilah yang harus anda lakukan bila Laptop terkena air.

Air dan Laptop. Dua hal ini bisa menjadi sebuah bencana, walaupun kelihatannya sepele, tapi tanpa penanganan yang tepat, laptop anda bisa mati total jika terkena air. Dokumen anda bisa jadi akan hangus, dan pekerjaan anda akan amburadul. Karena itulah jangan terlalu dekat dengan air ketika anda sedang bermain laptop. Karena anda tahu sendiri, dalam laptop banyak mengandung aliran listrik yang sangat rentan terjadi konsleting yang bisa menyebabkan hangus dan kebakaran. Karena itu jika tiba-tiba laptop terkena air, kopi, teh, ataupun benda cair lainnya berikut hal-hal yang harus anda lakukan.


  • Jika dalam keadaan hidup, langkah pertama adalah segera mematikan (shutdown), dan kalau perlu langsung di cabut baterainya agar lebih aman.  
  • Segera balik posisi laptop anda kebawah atau lebih simpelnya hadapkan posisi keybord ke bawah. Cara ini dilakukan agar air keluar dan tidak masuk terlalu dalam ke bagian dalam laptop itu sendiri. Sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah, dan yang penting adalah JANGAN PANIK.
  • Ambil tissu atau kain lap untuk membersihkan air tersebut. buat lap air mata kesedihan agan, sisanya bersihkan laptop agan menggunakan tissu tersebut. Atau bisa menggunakan handuk yang punya daya hisap air lebih kuat dan lebih banyak untuk membersihkan laptop agan.
  • Sebaiknya bongkar bagian dalam laptop karena pasti ada beberapa komponen didalamnya yang sudah terkena rembesan air.
  • Gunakan kain dengan daya serap yang tinggi dan usahakan dapat menjangkau semua bagian-bagian terkecil pada komponen. jika tidak terjangkau maka gunakanlah cotton buds.
  • Langkah selanjutnya adalah, dikeringkan dengan hair drier atau kipas, tapi jangan dijemur dibawah terik matahari. 
  • Pastikan air itu sudah bersih dan kering sebelum anda menghidupkan laptop anda, tapi sebaiknya anda biarkan laptop tersebut istirahat dalam beberapa jam. 
  • Sekarang nyalakan kembali laptop agan untuk memastikan apakah masih berfungsi atau tidak. Jika terjadi hal-hal yang mencurigakan, segera matikan kembali dan bawalah ke tempat servis. 


Jika anda adalah warga Surabaya atau sekitarnya, anda bisa mendatangi Servis Surabaya, yang merupakan salah satu tempat servis yang cukup profesional dan berpengalaman. Terletak di jalan Kedung Asem 47 Surabaya. Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment