Cara Memilih RAM yang Cocok Untuk Komputer Kita

Cara Memilih RAM yang Cocok Untuk Komputer Kita


Terkadang kita bingung jika ingin menambah atau mengganti RAM komputer atau laptop kita.Takut tidak cocok lah atau takut malah nantinya konslet lah atau takut cepet rusak lah.Kita tidak usah takut kalo kita mau membaca.Berikut Tips jika ingin mengganti RAM pada komputer atau laptop kita.

Yang Pertama adalah jika ingin mengganti semua RAM (artinya RAM yang lawas dilepas atau dibuang) dengan RAM yang baru kita harus melihat jenis slott pada mobo kita.Jika slotnya untuk DDR2 ya belilah yang tipe DDR2 jngan yang DDR atau DDR3 atau SODIM.sampai jebot juga gak bakaln masuk tuh RAM di slotnya.kalau untuk laptop pilih yang SODIM

Yang Kedua jika ingin menggunakan RAM kapasitas 2 GB atau 4 GB dan slot RAM pada mobo kita ada 2 atau dual channel saya sarankan menggunakan 2 keping. Jika 2 GB beli yang 1 GB dan 1 GB jika 4 GB beli yang 2 GB 2 GB.Kenapa saya menyarankan seperti itu? Agar performa komputer kia berjalan lebih baik dan seimbang.ibaratnya bayangkan jika anda membawa 4 kilogram semen ditangan kanan dan tangan kiri anda kosong.Apa yang terjadi? Jadinya tangan anda bisa kesleo.sama seperti komputer kita bisa kesleo performanya.

Yang Ketiga Perhatikan kapasitas maksimal ukuran memori dan clocknya setiap slot.Contoh PC saya maksimal setiap slotnya 2 giga dan clocknya 800mhz atau PC6400.jika kelebihan komputer anda bisa gagal booting.untuk melihat kapasitas bisa dilihat di buku panduan mobo anda

Yang Keempat Jika anda ingin menambah jumlah RAM dari 4 giga menjadi 8 giga perhatikan OS yang anda pakai.jika anda menggunakan misalnya OS windows 7 ultimate 32 bit mau bagamanapun RAM yang terdeteksi cuma 4 giga.Kan mubadzir tuh yg 4 giga gak kebaca.jadi mending ganti OS yg 64 bit.

Yang kelima jika anda ingin menambah RAM ,misal di pc udah ada 2 GB ingin tambah 1 GB atau 2GB perhatikan Frekuensi RAM yang lama.jika RAM lama PC6400 atau 800 mhz maka carilah frekuensi RAM yang baru setara dengan yang lama yaitu PC6400.karena jika RAM yang baru hanya PC5300 atau 666 mhz maka RAM yang baru akan mengikuti RAM yang lama menjadi 666 mhz.Wuhghghgh rugi besar dong.Lihat juga timingnya. Semakin rapat timingnya maka semakin kencang larinya.contoh timing PC6400 ada yang 5-5-5-15 dan 6-6-6-18.Anda pasti tahu kan harus memilih yang mana?jelas pilih yang 6-6-6-18.untuk melihat timing dan segalanya silakan donwload CPU-z.Merk RAM berbeda tidak masalah yang penting Spesifikasi sama.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment