Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Minta di Format Terus Menerus

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Minta di Format Terus Menerus - Flashdisk adalah perangkat yang biasa digunakan untuk transfer data. Karena terus berpindah komputer, maka flashdisk rentan masalah, salah satunya adalah saat flashdisk dipasang, flashdisk minta diformat. Tentu saja menjengkelkan, apalagi jika terjadi terus menerus. Namun sebelum mengetahui cara mengatasi flashdisk minta di format, ada baiknya kita mengetahui penyebabnya lebih dahulu. Salah satu penyebabnya adalah karena kena virus, penyebab yang paling sering. Virus maupun script virus sudah merusak komponen yang dimiliki flashdisk sehing terus-terusan harus diformat. Selain itu, bisa juga dikarenakan flashdisk itu memang telah rusak parah sampai-sampai tidak bisa diperbaiki. Solusinya, tentu saja dengan membeli yang baru. 


Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka kita beralih pada cara mengatasi flashdisk minta di format terus menerus. Cara pertama adalah dengan menggunakan CMD. 
Caranya, pada menu start, pilih run lalu ketik ‘cmd’. Setelah itu, ketik ‘format (drivedimanaflashdisk kita berada)’ contohnya, ‘format G:’ dan akan langsung diproses. Jika telah selesai, eject lebih dahulu lalu pasang lagi untuk mengecek apakah berhasil atau tidak. 
Selain menggunakan cara tersebut, bisa juga menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan perintah CHDSK, masih menggunakan CMD. Caranya dengan memilih run lalu ketik ‘cmd’. Setelah cmd muncul, ketik ‘CHDSK (drivedimanaflashdisk kita berada)/R’. Tunggu saja sampai proses selesai.

Cara ketiga adalah dengan menggunakan Low Level Format yang biasa digunakan pada win 7 maupun win 8. Caranya dengan menggunakan compmgmt.msc yang ada pada run sehingga akan terbuka jendela computermanagement. Setelah itu, kita tinggal memilih flashdisk kita dan melakukan format dengan menggunakan file bertipe FAT32. Jika telah selesai, lakukan pengecekan. Terakhir menggunakan softwarerepairflashdisk, namun perlu mendownoadfilenya lebih dahulu. Setelah itu buka software dan pilih flashdisk kita yang akan diformat, klik continue lalu ubah tipe flashdisk menjadi FAT32 barulah format. Setelah itu, cabut flashdisk dan pasang kembali lalu lakukan format secara umum, lepas dan cek lagi. itulah 4 cara mengatasi flashdisk minta di format yang bisa dicoba jika flashdisk kita mengalami gangguan tersebut.

Terimakasih telah mengunjungi blog Servis Komputer Surabaya, kunjungi juga KaruniaMandiri untuk informasi dan artikel menarik lainnya..
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
ZG
admin
20 April 2016 pukul 02.33 ×

Nice Infonya mas jangan Lupa Kunjungi blog saya :)
http://carajitubray.blogspot.com/

Congrats bro ZG you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment