Manfaat Sepak Bola Bagi Kesehatan

Sepak Bola adalah olahraga yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia..
Sepak Bola adalah olahraga yang paling Stylish..
Tetapi di sudut lain, Sepak Bola ternayata juga berperan penting dalam kesehatan..
Seperti apakah itu?..
Langsung aja ke TKP..

main bola

Manfaat Main Bola Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Setiap olahraga pasti memiliki manfaat bagi tubuh, salah satunya bermain sepak bola. Olahraga yang dimainkan oleh 2 tim dengan 11 pemain setiap timnya ini merupakan olahraga yang saya kenal sejak kecil, olahraga yang merakyat dan paling rame, pokoknya waktu itu tidak ada sore tanpa bermain sepak bola. Dulu saya melakukan olahraga ini karena rasa senang saja, namun setelah gede dan baca sana sini ternyata banyak juga manfaatnya. Saya sudah menyiapkan catatan manfaat bermain sepak bola dibawah ini:

1. Main Bola Bikin Tinggi
Seperti pada artikel sebelumnya dengan judul olahraga peninggi badan, saya telah membahas bahwa sepak bola merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan. Gerakan lari dan melompat pada permainan ini melatih tulang kaki yang akhirnya merangsang pertumbuhan. Menurut Riset yang dipublikasikan oleh journal of Bone Mineral Research, pria dengan rutinitasnya main bola bakal memiliki tingkat kepadatan tulang 1.3 kali lebih tinggi. Kepadatan tulang yang tinggi meminimalisir terjadinya osteoporosis, yang membuat badan lebih membungkuk. Jadi dengan main bola secara teratur saja kamu bisa meninggikan badanmu dan mencegah badan bungkuk karena osteoporosis

2. Kebugaran Tubuh
Coba ukur VO2max (biar kayak pemain timnas) dan temanmu yang jarang main sepak bola, lalu coba ajak temanmu tadi gabung latihan 2 kali seminggu, kemudian ukur lagi VO2max temanmu tadi. Menurut Jens Bangsbo dan rekannya yang dipublikasikan pada tulisan “Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports” orang yang bermain bola akan memiliki perbaikan VO2max yang signifikan ditambah dengan kecepatan lari dan kebugaran tubuh. Coba deh setelah temanmu kamu ajak latihan sepak bola lalu periksa VO2maxnya, mudah-mudahan bener, jadi kamu sudah memperbaiki hidup temanmu itu, horee..

3. Otot Menjadi Kuat
Kenapa CR7 memiliki badan yang berotot? menurut saya karena main bola, secara dia itu pemain bola. Bermain sepak bola memang meningkatkan kekuatan otot, mulai dari otot kaki, paha, perut dan dada. Otot yang terus dilatih membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami penyakit persendiaan.

4. Menjaga Badan Agar Tetap Ideal
Tidak salah jika saya ingin mengatakan bahwa main bola itu juga merupakan gabungan jenis olahraga aerobik yang notabene bagus untuk mencegah kegemukan. Ketika anda bermain sepak bola, anda juga lari dan melompat. Kegiatan semacam itu membakar kalori yang cukup banyak, sehingga biasanya orang yang hobi banget main sepak bola badannya tidak gemuk.

5. Melatih Konsentrasi
Konsentrasi merupakan hal yang penting dalam sepak bola dan kehidupan, keduanya membutuhkan konsentrasi. Ketika main bola kamu pasti akan mengalami yang namanya menyerang dan bertahan. Ketika kamu kurang konsentrasi kamu bakal membuat blunder yang cukup merugikan tim mu saat itu. Sepak bola juga menguji kecepatan dan ketepatan berfikir, disaat itulah koordinasi antara mata, pikiran dengan anggota tubuh lainnya.

6. Bersosialisai
Akhirnysa sampai pada manfaat ke-enam yang merupakan faktor gaya-gayaan. Dengan main bola kamu bisa bertemu dengan orang lain, relasi, dll. Inilah faktor sosial yang merupakan bagian kehidupan yang tidak bisa dipisahkan dengan kesehatan. Orang yang bersosial panjang umurnya kata orang-orang, ya kadang juga main bersama bisa jadi mendatangkan rezeki yang kadang tak terpikirkan gimana datangnya.
Jadi, setelah membaca artikel ini saya harap anda mulai sadar ternyata main bola itu tidak hanya sekedar olahraga, tidak hanya sekedar gaya-gayaan, tapi setidaknya ada 6 manfaat yang menurut saya cukup membantu kelangsungan hidup. Mungkin anda juga bisa mendapatkan manfaat diluar yang saya bahas ini, karena memang manfaat yang diperoleh seseorang akan berbeda dengan orang lain tergantung kebutuhan dan bagaimana orang tersebut menjalaninya.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment