Cara Cek Kerusakan RAM / Memory PC dan Laptop

Cara Cek Kerusakan RAM / Memory PC dan Laptop. Berbicara tentang RAM sudah tentu itu merupakan suatu kompenen hardware pada PC kita. Memori yang bisa terdiri dari beberapa chip memori Silikon (disebut DRAM) disolder sebuah papan sirkuit kecil, memori komputer sebenarnya harus jauh lebih tahan terhadap kegagalan dari komponen-komponen komputer yang lain.

Karena barang ini, diproduksi dan didistribusikan dalam volume yang lebih banyak daripada bagian komputer lainnya sehingga semacam evens out.Chip memori DRAM biasanya diuji oleh produsen mereka sebelum mereka dikirim, danmemeriksa komponen yang cacat sebelum dijual.

Memori komputer juga rentan terhadapberbagai situasi yang dapat mengubah pekerjaan Anda entah memori DDR, SDRAM atau yanglain. Shock elektrostatik dari penanganan yang tidak tepat dapat merusak memori.

Cobalah untuk menghindari memegang secara langsung bagian-bagian peka dari memori ketika Anda menginstal modul memori 1GB DDR dll! Demikian pula, pasokan listrik yang tidak stabil jugadapat merusak memori komputer Anda, walaupun kadang-kadang secara bertahap.

Hal yang sama beresiko adalah menaikkan tegangan memori terlalu tinggi jika Anda overclocking.Jika komputer Anda terlalu berdebu, atau terletak di lingkungan yang lembab kontak antara modul memori dan slot memori dapat terganggu atau terkorosi.

Panas, baik dari komponen lainatau RAM itu sendiri juga dapat menyebabkan kerusakan bertahap. Jelas, penanganan ceroboh juga dapat merusak memori komputer dengan menyebabkan kerusakan fisik pada papan sirkuit atau kontak.

Ini adalah salah satu alasan mengapa kita menganjurkan menggunakan memori yang mempunyai penyebar panas memori atau pendingin.Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemungkinan cacat pada slot memori motherboard komputer Anda.

Ini dapat rusak oleh cara yang sama seperti yang tercantum diatas, dan dapat menyebabkan kebingungan, karena setiap modul memori terpasang ke slotyang rusak akan tampak cacat meskipun sebenarnya tidak rusak.

Untungnya, karena memori komputer modern dihasilkan seragam dan memiliki poin kegagalan relatif sedikit dibandingkan dengan bagian-bagian komputer lainnya, produsen dapat memberikan dukungan garansi yang layak

Secara umumnya ciri – ciri RAM yang rusak atau mati yaitu :
 
  • Berbunyi apabila ingin mengganti booting
  • Distorsi grafis pada layar, walaupun hal ini juga dapat terkait dengan kartu video.
  • Berbunyi apabila mengganti slot,
  • Gangguan memori intensif selama operasi tertentu misalnya ketika memainkan 3D game,benchmark, kompilasi, Photoshop, dll
  • Pada kipas berbunyi “krek krek krek” kayak ada semutnya.
  • Komputer jadi sering restart sendiri
  • Blue Screen of Death selama proses instalasi Windows XP. Ini adalah salah satu tandapaling pasti bahwa salah satu kecurigaan merujuk pada memori yang rusak.
  • Jika menyalakan HDD LED , tetap menyala tetapi tidak dapat booting, lalu tidak terdapat suara lain selain kipas.
  • RAM yang rusak parah ( mungkin ) akan dideteksi oleh CPU dengan bunyi BEEP ERROR CODE, tapi RAM yg Rusaknya kira-kira 30 % ,akan lolos diuji hardware saat booting tapi akan error bila diguanakan utnuk melakukan penginstallan atau sering blue screen.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment